Atlet Muslim Rusia Ini Raih Medali Emas Judo


Rasa haru dan bangga, langsung membuncah di wajah Mansur Isaev (25), sesuai dinyatakan menang  Betapa tidak, ia berhasil mempersembahkan medali emas kedua untuk Rusia di Olimpiade XXX London 2012. Pada laga final Judo di kelas 73 kg, Mansur Isaev yang memakai seragam putih, harus menghadapi lawan tangguh asal Jepang, Riki Nakaya, seragam biru.

Berkali-kali upayanya untuk menjatuhkan Nakaya, selalu gagal. Bahkan, tak jarang, ia sendiri hampir dijatuhkan oleh Nakaya. Beruntung, melalui satu kesempatan, pemuda kelahiran Dagestan, pada 23 September 1986 itu, berhasil menjatuhkan lawannya. Atas hal itu, maka pemuda yang berlatih di klub Javara Neva, St Petersburg, itu mendapatkan poin satu.

Dan sampai waktu yang ditentukan, baik Mansur Isaev maupun Riki Nakaya, tak berhasil menambah poin untuk masing-masing. Dengan hasil itu, maka atlet Muslim ini pun dinyatakan berhak atas medali emas.

Pemuda yang bernama lengkap Mansur Mustafaevich Isaev ini merupakan salah satu atlet Rusia yang beragama Islam. Dengan dihapuskannya komunis dari negeri ini, maka kini semakin terbuka kesempatan para atlet Muslim di Rusia untuk unjuk kebolehan. Dan atas prestasi yang dihasilkan, maka mereka pun mendapatkan kesempatan membela Rusia di ajang yang lebih tinggi, termasuk olimpiade.

Rusia, saat ini menjadi salah satu negara dengan jumlah pemeluk terbanyak di dunia. Pada 2010 lalu, jumlah umat Islam di negara bekas komunis itu mencapai 21-28 juta penduduk atau 15-20 persen dari sekitar 142 juta penduduk. Dan saat ini, Islam merupakan agama terbesar kedua yang dianut penduduknya setelah Kristen Ortodok.

Dalam 20 tahun terakhir, perkembangan Islam di Rusia sangat pesat. Selain jumlah pemeluknya yang semakin bertambah, juga jumlah tempat ibadah. Sekitar 10 tahun lalu,  jumlah masjid di negara Rusia mencapai 3000-an. Namun saat ini, jumlahnya sudah mencapai sekitar 7000-8000 masjid.

Di Dagestan, terdapat antara 1600–3000 masjid. Dalam 10 tahun terakhir jumlah masjid di Tatarstan telah melebihi 1000. Di Ibu Kota Rusia, Moskow dengan jumlah pemeluk Islam yang melebihi 1 juta orang terdapat 20 komunitas Muslim dan 5 masjid. Menurut pakar data Rusia, sedikitnya terdapat 7000 masjid di Rusia. (syafik)

3 responses to “Atlet Muslim Rusia Ini Raih Medali Emas Judo

  1. Alhamdulillahirobbilaalamiin

  2. it is very good to know there are still some good blogs.http://www.ecadastro.com.br

  3. entringfamily

    mudah-mudahan masih banyak muslim-muslim lain di dunia yang meraih prestasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s