Lima Pemain Termuda di Euro 2012


Enzo Scifo, legenda sepak bola Belgia. (www.myfootballfacts.com)

Dari 368 pemain yang berasal dari 16 negara (tim)  yang berjuang di Polandia dan Ukraina pada perhelatan Piala Eropa 2012 terdapat sejumlah pemain yang berusia masih sangat muda. Bahkan, usianya terbilang masih sangat belia, yakni 18 tahun.

Sejak pertama kali Piala Eropa digelar pada 1960 hingga 2008, rekor sebagai pemain termuda dipegang oleh pemain asal Belgia, Enzo Scifo. Ketika diturunkan sebagai pemain pada Piala Eropa 1984 menghadapi Yugoslavia, saat itu Scifo masih berusia 18 tahun 115 hari.

Jetro Willems asal Belanda, memecahkan rekor pemain termuda yang tampil di Piala Eropa 2012.

Namun, pada perhelatan Piala Eropa 2012, rekor pemain termuda yang dipegang Scifo akhirnya dipecahkan oleh pemain muda asal PSV Eindhoven, Belanda, Jetro Willems. Rekor itu ia pecahkan saat dirinya diturunkan oleh pelatih Belanda, Bert van Marwijk, kala Belanda bersua dengan Denmark dalam usia 18 tahun 71 hari. Pemain kelahiran 30 Maret 1994 itu berhasil memecahkan rekor Scifo yang teklah berusia 28 tahun.

Pemain termuda berikutnya adalah Alex Oxlade-Chamberlain (Inggris). Saat turun membela Inggris melawan Prancis pada partai perdana Grup D, usia Chamberlain adalah 18 tahun, 10 bulan, dan tujuh hari. Pemain yang biasa disapa ‘Ox’ ini dihgadang-gadang sebagai pemain bintang masa depan Inggris. Yang unik dari pemain kelahiran Portsmouth ini, sebenarnya olahraga yang paling disukainya adalah kriket dan rugby.

Pemain berikutnya adalah rekan Chamberlain, Jack Butland (Inggris). Namanya tak banyak dikenal, bahkan untuk memperkuat klubnya, Birmingham City, di Liga Primer Inggris, juga belum pernah dirasakannya. Hanya saja, pelatih Roy Hodgson punya pandangan berbeda untuk membawa kiper ketiga Inggris itu ke Polandia-Ukraina pada Piala Eropa 2012.

Walau minim di level timnas senior Inggris dan klubnya, Butland sudah mengemas 17 caps di tim Inggris level junior, sejak U-16 hingga U-21. Dan pada saat Piala Eropa 2012 resmi dibuka pada Jumat (8/6/2012), usia Butland baru 19 tahun, dua bulan dam dua hari.

Kostas Fortounis, Yunani. (www.yahoo.com)

Selanjutnya, pemain termuda keempat di Piala Eropa 2012 dipegang oleh Kostas Fortounis (Yunani). Saat turun membela Yunani melawan Polandia yang berakhir dengan skor sama, 1-1, usia Fortounis adalah 19 tahun, delapan bulan, dan delapan hari.

Sebelum berkarier di Kaiserlautern, Jerman, ia sempat mengasah skill-nya di akademi Olympiakos, Yunani, sebagai playmaker. Ia kini banyak dilirik klub-klub besar, salah satunya Juventus.

Dan pemain kelima yang berusia muda di Piala Eropa 2012 adalah Kyriakos Papadopoulos (Yunani). Usianya adalah 20 tahun, empat bulan, dan 15 hari, saat diturunkan sebagai starter melawan Polandia.

Kariernya cukup baik. Saat dipanggil ke tim Yunani, ia bermain di klub Budesliga, Jerman, yakni Schalke 04. Di level internasional, kariernya juga mentereng. Tak heran bila pelatih Yunani, Fernando Santos, memanggilnya ke skuat negeri para dewa itu. (syafik).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s