Tiga Negara Ini Pemburu Paus Sirip


Populasi paus sirip terus menurun dan sudah hampir punah akibat perburuan. (www.wikimedia.com).

Kenapa orang Jepang dikenal sangat pintar? Salah satu jawabannya karena mereka suka makan ikan. Ikan apapun mereka konsumsi. Terkadang, masih mentah pun mereka suka mengonsumsi. Maksudnya, tentu saja setelah melalui proses pengolahan. Lihatlah sejumlaah restoran ala Jepang. Banyak ikan yang terlihat masih mentah, hanya diambil dagingnya saja, mereka tawarkan. Dan konsumen yang memasaknya sendiri.

Salah satu ikan yang paling mereka sukai adalah ikan paus. Entah berhubungan atau tidak dengan kepintaran dan kecerdasan orang Jepang, faktanya masyarakat dari negara matahari terbit itu tercatat sebagai salah satu dari tiga negara terbesar untuk mengonsumsi ikan paus.

Di pasar Osaka, Shimoseki, Himoje, Tokyo, Yokohama, banyak dijual daging ikan paus. Salah satu perusahaan importir di Himoje mengaku, bisa meraup keuntungan hingga 1,5 juta Yen setiap ton daging ikan paus.

Di daerah Himoje, banyak ikan paus yang diburu. Padahal, negara ini sudah menandatangani moratorium perburuan ikan paus. Namun, dengan dalih untuk kegiatan ilmiah, maka perburuan ikan paus terus berlangsung. Banyak negara yang protes atas perilaku Jepang itu. Bahkan, sejumlah masyarakat pun mengakui bahwa mereka hanya mengomsumsi daging ikan paus yang diburu dari penelitian ilmiah itu.

Selain perburuan ikan paus secara besar-besaran, Jepang juga mengimpor daging ikan paus sirip dari Islandia. Negara ini merupakan eksportir terbesar ikan paus di dunia, khususnya ikan paus sirip. Mereka mengimpor ikan paus dari pabriknya yang ada di Islandia, yakni Krasjan Loftsson. Setiap tahun, perusahaan di Islandia tersebut berhasil meraup keuntungan hingga 40 juta dolar dari sekitar 2500 ton ikan paus yang mereka dapatkan.

Selain Jepang dan Islandia, negara terbesar berikutnya yang memburu ikan paus adalah Norwegia, terutama ikan paus sirip. Sejumlah pihak kecewa dengan perburuan-perburuan yang terus dilakukan ketiga negara tersebut. Tak heran, national geographic pernah mengirimkan sejumlah reporternya untuk melakukan penyelidikan atas masalah ini. Mereka telah melaporkan hal tersebut ke mahkamah internasional atas kelalaian ketiga negara tersebut karena terus memburu ikan paus sirip yang sudah semakin terancam kelangsungan hidupnya. (syafik).

One response to “Tiga Negara Ini Pemburu Paus Sirip

  1. Tak heran orang jepang pada bau amis karena banyak mengkonsumsi ikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s