Calon Bintang Sepak Bola Spanyol


Nama Francisco Román Alarcón Suárez mungkin tidak setenar Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Isaac Cuenca, Thiago Alcantara, Bojan Krkic, Radamel Falcao, Benzema, dan Higuain, yang bermain di La Liga Spanyol. Wajar, karena memang dia bukanlah seorang pesepak bola yang sering mencetak gol.Tapi jangan salah, pemain yang akrab disapa Isco ini, digadang-gadang akan menjadi calon bintang masa depan Spanyol. Saat ini, ia bermain di klub Malaga. Di musim 2011-2012, ia baru tampil 26 kali di La Liga Spanyol. Dan dari penampilannya itu, ia baru mengemas empat gol. Masih jauh dibandingkan dengan pencetak gol terbanyak macam Lionel Messi, Ronaldo, Higuain, dan Benzema. Walau demikian, penampilan kerap membuat decak kagum pemerhati bola.

Ia pun diharapkan bisa menjadi penerus striker haus gol Spanyol, seperti Raul Gonzales dan David Villa. Dibandingkan di timnas senior Spanyol, ia masih sering dipanggil di timnas junior. Kini ia membelas tim U-21 Spanyol.

Usianya masih muda, kelahiran 21 April 1992 (memasuki 20 tahun pada 2012 ini). Dengan usia yang masih sangat muda itu, pemain kelahiran Benalmadena (Malaga) ini, ia sudah memberikan kontribusi menakjubkan bagi tim Matador. Pada Piala Dunia U-17 2009 silam, ia mengantarkan Spanyol meraih posisi ketiga.

Karier profesionalnya dimulai sejak Valencia junior tahun 2006-2009. Pada musim 2009-2010, karena kepiawaiannya, ia ditarik ke tim senior Valencia. Sayang, ia tak banyak diberi kesempatan menunjukkan skillnya, karena ia lebih banyak duduk di bangku cadangan. Gerah terus menjadi penghuni bench (cadangan), ia hijrah ke Malaga pada musim 2011-2012. Kini ia sudah membela klub asal kelahirannya sebanyak 26 kali dengan mencetak empat gol.

Di timnas U-21, ia diposisikan sebagai penyerang kedua, melapis Rodri sebagai striker utama. Di timnas U-21 Spanyol ini, ia bahu-membahu dengan Thiago Alcantara, Isaac Cuenca, dan Montoya (ketiganya bermain di Barcelona).Tapi di level klub, ia berposisi sebagai gelandang. Ia menjadi pengatur serangan Malaga. Umpan-umpannya menjadi ‘makanan empuk’ striker Malaga seperti Ruud van Nistelroy dan Julio Baptista.

Passing-nya yang akurasi dalam memberikan umpan-umpan matang kepada penyerang Malaga, membuatnya dilirik banyak klub. Salah satunya adalah Manchester United (MU). Manajer MU, Sir Alex Ferguson sangat tertarik dengan pemain muda Malaga ini. Fergie tertarik menggunakan jasanya karena bakatnya yang cemerlang. Saat ini, Isco masih terikat kontrak dengan Malaga hingga 2016. Dibeli dari Valencia senilai 6 juta dolar AS.

Tentu saja, bakat alami Isco ini menjadi keuntungan bagi Malaga dan juga Spanyol. Sebab, akurasi umpan-umpannya yang menawan, termasuk mencetak gol ke gawang lawan, Isco diharapkan menjadi penerus Xavi Hernandez atau Andres Iniesta. Dengan usianya yang masih sangat muda, pemain bernomor punggung 22 di Malaga ini akan senantiasa masuk skuad tim utama Matador di Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina, atau Piala Dunia 2014. Kita tunggu saja. (syafik).

 

2 responses to “Calon Bintang Sepak Bola Spanyol

  1. kapan atuh ada bintang asal Indonesia…hehehe…mimpi kali ya? mudah-mudahan mimpi jadi kenyataan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s