Gua Mammoth, Terpanjang di Dunia


Kentucky, boleh jadi kini salah satu kota paling terkenal di dunia. Sebab, salah satu pabrik ayam goring terbesar ada di daerah ini yakni Kentucky Fried Chicken (KFC). Bahkan, hampir di semua kota metropolitan di dunia, terdapat restoran cepat saji ini.

Namun, selain pabrik ayam gorengnya, daerah di Texas, Amerika Serikat (AS) ini juga terkenal dengan salah satu keajaiban alamnya. Kentucky disebut-sebut memiliki gua terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai hampir 300 kilometer. Wow, sangat fantastis. Tapi, sejumlah ahli memperkirakan, gua yang disebut dengan Mammoth Cave ini lebih panjang lagi, yakni mencapai 480 kilometer, karena masih ada yang belum dieksplorasi. Luar biasa.

Kondisi di dalam gua. (www.cardcow.com)

Selain panjangnya, gua ini juga terbilang unik. Karena jalan masuknya yang berliku-liku seperti labirin. Tak hanya itu, gua ini juga memiliki sungai bawah tanah yang mengalir deras sejauh mata memanjang. Konon, airnya mengalir sepanjang waktu sejak awal mulanya sehingga membentuk jalur gua tersebut.

Begitu juga pada bagian dalam gua yang memiliki diameter luas lebih dari 100 meter. Air yang mengalir meninggalkan rekahan atau patahan yang membentuk stalakmit unik dan indah. memungkinkan terbentuknya dekorasi gua yang dinamakan speleothems. Dekorasi ini seperti gypsum bergambar bunga dan jarum. Dinding Gua Mammoth dijubeli stalaktit dan stalakmit dengan tekstur memukau. Sejauh mata memandang, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan dan ketakjuban. Subhanallah.

Jalan berliku seperti Labirin dan stalakmit serta stalaktit yang menjadi keunikan Gua Mammoth. (www.blogs.oberlin.edu).

Satu hal unik lainnya, konon gua ini sudah ada sejak 350 juta tahun lalu. Dan manusia pertama yang menempatinya adalah orang-orang nomaden yang diperkirakan hidup sekitar 4.000 tahun lalu. Saat itu, mereka melalukan penjelajahan ke dalamnya, dan menempuh jarak sekitar delapan kilometer. Adapun mulai terungkapnya bahwa Gua Mammoth ini lebih panjang lagi terkuak pada tahun 1700 silam.

Salah satu keunikan Gua Mammoth. (www.z-family.net).

Di dalam gua ini, juga hidup sejumlah hewan dan tumbuhan  (flora dan fauna) yang berukuran mini (kecil). Diperkirakan, di dalamnya ada 130 jenis fauna. Karena itu, pada tahun 1926, Pemerintah AS mendirikan Taman Nasional Gua Mammoth atau Mammoth Cave National Park. Tujuannya untuk menjaga sekaligus melindungi keindahan dan keberadaan ekosistem yang ada didalam gua.

Kini, Gua Mammoth telah menjadi salah satu situs warisan dunia (world heritage sites) yang diberikan oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada Okotber 1981. (syafik).

 

One response to “Gua Mammoth, Terpanjang di Dunia

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s