Uniknya Jembatan Musa di Belanda


Jembatan Musa di Belanda. (foto-foto dok: toxel.com)

Pernah mendengah kisah Nabi Musa yang membelah Laut Merah dengan tongkat untuk membawa umatnya menghindar dari kejaran Firaun? Ya, kisah tersebut terdapat dalam Al-Quran dan Injil. Siapapun akan takjub mendengar kisah itu. Atas izin Tuhannya, Musa mampu membelah Laut Merah.

Kisah Nabi Musa itu, ternyata memberi inspirasi sejumlah arsitektur di Belanda untuk merealisasikan cara muda untuk menyeberangi laut, sungai, atau danau. Mereka pun membuat jembatan pembelah laut, sungai, atau danau. Bukan membangun jembatan yang ada di atas sungai sebagaimana umumnya, tapi jembatan itu ada di dalam sungai.

Sungai atau tepatnya parit yang memiliki lebar sekitar 50 meter, dibelah menjadi dua dengan sebuah jembatan sebagai pembatasnya. Sebagaimana dikutip dari inhabitat.com, jembatan itu berada di daerah Brabant, jalur Barat di Belanda. Konon, parit itu sudah ada sejak abad ke-17. Di kiri dan kanan parit itu, dibuat benteng sebagai tempat perlindungan diri dari invasi Prancis dan Spanyol.

Nah, untuk memudahkan menyeberanginya, maka sejumlah arsitektur mencoba merealisasikan untuk membangun sebuah jembatan yang menghubungkan kedua sisi parit itu. Dan jembatan itu, terinspirasi dari kisah Nabi Musa. Uniknya, jembatan itu dibuat tidak begitu terlihat secara sejajar, kecuali saat berada di ujung jembatan.

Sebagai fondasinya, jembatan itu bersentuhan langsung dengan dasar sungai. Dan untuk memberi kemudahan menyeberanginya, maka sang arsitek membuat papan sebagai alas dan tangga untuk naik ke atas pembatas benteng. Dengan desain ini, maka tampak jembatan memanjang yang membelah permukaan parit. (syafik).

18 responses to “Uniknya Jembatan Musa di Belanda

  1. sebuah pencapaian yg baik

  2. hilmi gonzales

    klo airx sungai tu . Pasang ap kah gk tnggelam.

  3. kalau fondasinya bersentuhan dengan dasar langsung dan pada saat air pasang maka akan tenggelam,,kalau begitu bukannya ide kreatif tetapi menambah daftar musibah donk…kalau terjadi musibah gk manfaat donk…

  4. itu atasnya ada tutupnya gak c?
    unik banget hehehhe

  5. Klo sungainya meluap tenggelem gak tuh jembatannya?? Hebat yaa bisa bikin begitu hehehe..

    btw ada yang udah ikutan event blogger Touch Korea Tour belom?? Tolong bantu dukung saya l .. yang mau ikutan juga, langsung aja ke TKP Touch Korea Tour

  6. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

  7. wah kalo banjir gimana ya? hehe

  8. KaosInspiratif.com

    unik banget ya. bisa jadi tujuan wisata tuh

  9. Jiahhhh ga mirip juga kali,,kan kita juga sama” ga tau bentuknya kyk gimana,,masa mau disamain secara sungai Nil aja lebarnya kurang lebih 6 Mil :p

  10. koq bahannya papan ya? ga takut makin lama makin keropos karena air..nanti orang yang nyebrang jembatan bisa celaka donk..

  11. kalo lagi banjir ya jangan main disitu coy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s