Cara Efektif Mengendalikan Amarah


Adakah manusia yang tak pernah marah? Rasanya tidak ada manusia yang tak pernah marah. Semuanya pernah marah. Namun, kemarahan itu adakalanya berakhir dengan cepat, tapi ada pula yang bertahan hingga berhari-hari. Kemarahan yang lama ini, akhirnya menjadi dendam di hati. Setiap berjumpa dengan persoalan yang awalnya membuat dia marah, maka kemarahan itu akan semakin memuncak. Jika sudah demikian, maka sangat sulit untuk mengendalikan kemarahan tersebut.

Nah, bagaimanakah cara mengendalikan marah yang demikian itu? Sedikitnya, berikut ini ada tips yang bisa dicoba bila kita sedang marah.

Pertama, mengalihkan perhatian. Bila kemarahan atau emosi timbul, maka kendalikan kemarahan tersebut dengan cara mengalihkan perhatian. Misalnya, memalingkan muka kearah berlawanan. Bila saat marah kita menghadap ke kanan, cobalah paling wajah kearah kiri. Demikian pula sebaliknya.

Kedua, meninggalkan obyek yang menjadi pusat timbulnya kemarahan. Bila kemarahan memuncak, segera tinggalkan pergi, jangan berada di tempat itu. Sebab, bila kita masih berada di lokasi tersebut, maka kemarahan akan semakin memuncak, dan akibatnya bisa fatal. Untuk itu, segeralah meninggalkan obyek yang menjadi puncak kemarahan.

Ketiga, ambil air lalu basuhlah muka. Bagi yang muslim, segeralah berwudhu, insya Allah kemarahan akan bisa terkendali. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ahmad dalam kitab musnadnya. “Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan itu dijadikan dari api, dan yg dapat memadamkan api hanyalah air, maka apabila seseorang dalam keadaan marah, hendaklah segera berwudhu.”

Keempat, lakukan sesuatu dengan arah yang berlawanan. Cara ini bertujuan untuk mengendalikan emosi, khususnya bagi siapa saja yang kesulitan mengendalikan amarah. Cara ini tentu saja, saat kita tidak dalam keadaan emosi. Artinya, posisi kita sedang santai. Cara melakukannya adalah, bila selama ini Anda adalah seorang yang kidal, artinya bekerja dengan banyak menggunakan tangan kiri, maka beralihlah menggunakan tangan kanan.

Begitu pula sebaliknya. Caranya, jika kita biasa menggunakan mouse komputer dengan  menggunakan tangan kiri, gantilah dengan tangan kanan. Jika sering menggunakan tangan kanan, cobalah berlatih dengan menggunakan tangan kiri. Lakukan upaya ini selama setengah bulan atau dua minggu. Insya Allah, cara ini cukup efektif mengendalikan emosi.

Dalam sebuah penelitian, yang dilakukan Dr Thomas Denson dari University of New South Wales, dan dipublikasikan pada Journal Current Directions in Psychological Science, cara ini ternyata sangat efektif mengendalikan emosi. Menurutnya, melakukan kegiatan dengan tangan yang non-dominan akan membuat seseorang  belajar mengendalikan diri dan melatih keterampilan. Dengan demikian, lanjutnya, maka kemarahan akan dengan mudah dikendalikan. (syafik).

3 responses to “Cara Efektif Mengendalikan Amarah

  1. Mantap gan…info yang berkaitan dengan artikel dblog saya. silahkan berkunjung gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s