Es Krim Ditemukan di Cina Sebelum Ada Kulkas


Siapakah yang belum pernah menikmati es krim (ice cream)? Rasanya, hampir semua orang di seluruh dunia ini menyukainya. Mulai dari yang tua hingga anak-anak, pria maupun wanita juga menyukainya.

Namun tahukah anda, dari mana makanan ini berasal, dan kapankah ia mulai dikenal di dunia? Ya, makanan ini berasal dari Cina. Konon, ia sudah dikenal sejak 3000 tahun sebelum masehi (SM).

Menurut sejumlah informasi, Marco Polo, penjelajah asal Italia ini sudah menemukan resep makanan penutup itu sejak ia berkeliling di Negeri Tirai Bambu itu, negeri julukan Cina. Disebutkan pula, Marco Polo juga yang membawa resep membuat es krim itu ke Eropa, terutama Italia. Menurut sejumlah sumber, es krim pertama kali ditemukan di Italia pada abad ke-17 Masehi atau sekitar tahun 1688, dan kemudian semakin populer pada abad ke-18 (1744).

Karena rasanya yang khas, maka makanan ini banyak yang suka. Karena itu pula, makanan ini cepat sekali menyebar ke seantero Eropa. Mulai dari Italia ke Prancis, Amerika, Afrika, hingga kembali lagi ke Asia. Setiap negara memiliki kekhasannya masing-masing.

Di Eropa, khususnya Prancis, es krim disana menggunakan campuran kuning telur. Ia kemudian disebut dengan es krim ala Prancis. Masuk ke wilayah Amerika, orang mengenal dengan ala Philadelpia, karena disana dibuat tetap bersama telur, namun yang diambil hanya putih telurnya saja. Selanjutnya, untuk menambahkan rasa yang lebih nyaman lagi, es krim dicampur dengan vanili.

Seiring perkembangannya, banyak campuran bahan yang digunakan untuk membuat es krim dengan rasa yang unik dan khas. Semuanya dimaksudkan untuk memberikan sentuhan rasa yang lebih nikmat. Ada taste yang berbeda, kira-kira begitu maksudnya.

Tapi satu hal yang pasti, bagi sekelompok orang di zaman dulu, tidaklah mudah membuat es krim. Apalagi di saat kondisi cuaca sangat ekstrem, misalnya di musim panas atau saat musim dingin. Dimana mau menyimpannya? Apakah sudah ada kulkas sejak dulu?

Berabad-abad lalu, sebelum lemari es ditemukan, orang-orang Romawi kuno mengawetkan makanan menggunakan es yang mereka angkut dari puncak gunung. Dengan kondisi ini tentu terbayang betapa repotnya. Untuk menyimpan makanan saja, mereka harus mengeluarkan keringat.

Sementara di Meksiko, suku Aztek mengawetkan makanan menggunakan salju. Caranya, mereka menggali lubang berukuran besar. Lalu, bagian dasar dan sekelilingnya mereka lapisi dengan bilahan kayu atau jerami. Setelah itu, mereka mengisikan es atau salju ke dalamnya, lalu menutupnya lagi dengan jerami. Barulah mereka meletakkan makanan, kemudian menutupnya dengan rapat.Dengan cara ini, bahan makanan jadi lebih awet.

Penyimpanan makanan dengan cara ini biasanya dilakukan orang zaman dulu ketika musim dingin tiba. Ya, di musim salju kan sama sekali tak ada buah-buahan dan sayuran yang dapat mereka makan. Soalnya, kehidupan ketika itu benar-benar bergantung pada alam. Nah, berkat kulkas tradisional itu, makanan jadi awet dan penduduk tidak kekurangan makanan. Karena menginginkan cara yang lebih praktis, di awal abad ke-18, orang-orang pintar di Inggris mulai memikirkan membuat lemari pendingin. Mereka merancang lemari es sedemikian rupa, dengan bentuk yang cukup besar.

Kembali ke es krim, pada zaman sekarang es krim dibuat dari air yang membeku saat musim dingin yang juga dicampur bubur buah, juga campuran lain yang disukai. Saat itu, lemari es atau kulkas juga belum ditemukan.

Pembuatan es krim pun terus berkembang seiring perjalanan sejarah. Secara resmi, es krim dihidangkan oleh Gubernur Bladen yang memimpin negara bagian Maryland pada tahun 1700. Kemudian tahun 1776, kios es krim pertama di dunia dibuka di New York City tahun 1776.

Seorang pembuat es krim, Dolly Madison kemudian membuat sensasi dengan menghidangkan es kream sebagai hidangan penutup di Gedung Putih. Pabrik es krim yang dikelola secara komersial pertama kali berdiri tahun 1851 di Baltimor. Pemiliknya bernama Jacob Fussell.

Setelah itu, es krim dijual keliling menggunakan roda dorong. Manusia pertama di dunia yang jualan es krim dengan roda dorong ini bernama Italo Marchiony. Dia jual es krim keliling Wall Street dengan wadah corong yang bisa dimakan. Es krim dengan wadah ini dia patenkan pada tahun 1903.

Tahun 1983, Oreo membuat Cookies ‘N Cream dan langsung menjadi es krim terlaris kelima di dunia dalam waktu sangat cepat.  Tahun 1991 juga lahir sesasi rasa es krim dengan dibuatnya es krim Chocolate Chip Cookie Dough. (syafik/dari berbagai sumber).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s