Kenapa Minum Dilarang Sambil Berdiri?


Minum sambil berdiri menyebabkan gangguan pada ginjal dan saluran air kencing.

Jika kita sedang kehausan, maka jalan terbaik untuk meredakannya adalah dengan sesegera mungkin meminum air putih. Namun, tahukah kalian, bagaimana cara terbaik untuk minum air itu? Yang terbaik adalah sambil duduk. Sehaus apapun, usahakan saat meminum air dengan duduk, jangan berdiri. Mengapa? Karena dengan minum sambil duduk, maka banyak energi positif yang akan didapatkan terutama untuk kesehatan. Karena itu, walaupun sangat kehausan, minumlah dengan cara duduk, bukan berdiri.

Berikut ini penjelasan secara medis dan akupunktur, kenapa minum itu dianjurkan duduk. Tubuh manusia memiliki jaringan penyaring (filter). Ada yang menyebutnya filter penyaring itu dengan nama sfringer, yaitu suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal.

Filter penyaring ini akan terbuka disaat kita duduk, dan tertutup disaat berdiri. Karena itu, kalau minum sambil berdiri, maka air akan langsung masuk hingga ke kantong kemih tanpa proses penyaringan. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter.
Bila ini terjadi, maka ini akan menyebabkan gangguan pada ginjal.

Sebaliknya, dengan duduk, maka filter penyaring akan terbuka dan akan berproses di dalam tubuh sebelum disalurkan ke berbagai organ lainnya, lalu diolah lagi hingga masuk ke kantong kemih. Dengan demikian, maka rasa haus yang dirasakan akan segera sirna seusai meminum air putih sambil duduk.

Berikut ini tambahan penjelasan yang bisa dilakukan bila ingin hidup sehat dengan menggunakan terapi air.

1. Minum dua gelas air setelah bangun tidur dapat membersihkan organ-organ internal tubuh.

2. Minum segelas air 30 menit sebelum makan, dapat membantu fungsi pencernaan dan ginjal.

3. Minum segelas air sebelum mandi, dapat menurunkan gejala tekanan darah.

4. Minum segelas air sebelum tidur dapat mencegah stroke dan serangan jantung.

5. Minum air minimal tiga-empat liter atau delapan gelas sehari. Tujuannya untuk membantu peredaran darah dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Jika ini bisa kita lakukan secara rutin, insya Allah tubuh akan makin sehat. Sebab, dua pertiga tubuh manusia terdiri atas air. Bila kekurangan minum air, maka tubuh akan terasa kaku, pinggang sakit, dan penyakit ginjal pun akan mudah terjadi.

Khusus bagi kita yang terbiasa bekerja dengan aktifitas yang banyak duduk dan berada di depan komputer atau laptop, maka perbanyaklah minum air putih. Ini untuk mengantisipasi gejala sakit ginjal atau pinggang.

Penjelasan ini diperkuat dengan riwayat Anas dan Qatadah, yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata: “Bagaimana dengan makan?”Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi.” (HR Muslim dan Turmidzi). Riwayat lainnya dari Abu Hurairah, “Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila
kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan.” (HR Muslim).

So, dengan adanya hal-hal seperti ini, mari kita membudayakan hidup sehat dan minum dengan cara yang elegan, yakni duduk. (syafik).

45 responses to “Kenapa Minum Dilarang Sambil Berdiri?

  1. Subhanallah. dalam sunah ada kejayaan. inilah adab minum yang dicontohkan oleb baginda Muhammad Rasululloh SAW. Ini salah satu hikmahnya.

  2. wahhh baru tau klo minum gak boleh berdiri, saya biasanya minum sambil berdiri didepan kulkas…

    mampir ke TV 3D Tanpa Kacamata 3D

  3. “kalau minum sambil berdiri, maka air akan langsung masuk hingga ke kantong kemih tanpa proses penyaringan. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter.”

    air yg diminum masuk ke lmbung dulu lalu ke usus baru diserap tubuh, tdak lgsung ke ginjal. ginjal (dalam keadaan sehat) tetap bekerja secara fisiologis pda posisi apapun (duduk, berdiri, jongkok, dsb).

  4. Waahhh sy jg baru tau kalo minum nga boleh berdiri..sy biasanya abis makan langsung minum di depan dispenser…

  5. pantesan aja sy sring mnum brdiri bru bgn, lgsng cpt haus n cpt buang air kecil…trnyat solusinya pada posisi duduk….thanks yaa….:)

  6. Baru tau yah…?????
    Itu (minum sambil berdiri) udah sejak lama dilarang oleh Rosululloh SAW

  7. info yang bagus

  8. Informasi yang bermanfaat

  9. waah ternyata ada manfaatnya ya gan, ane sih biasanya minum sambil berdiri, terus ditegur ibu ane, tapi tetep aja berdiri, terus ibu ane malah ceramah kalau minum berdiri bla bla bla…
    ternyata ibu ane bner ya, hal-hal yang dilarang dalam al-quran pasti ada hikmahnya ternyata,
    mulai sekarang ane mau minum sambil duduk aja deh, terima kasih sob, postingannya bagus !

  10. begitu ya?
    Kalau sdg jalan2, tetep mesti duduk? kalau jongkok boleh nggak?

  11. sama hahaha

  12. Kalau aku larangan minum sambil berdiri sudah tau, tapi belum tau alasannya kenapa dilarang. Thank’s atas infonya🙂
    http://jerukpisang.wordpress.com

  13. Kalau aku larangan minum sambil berdiri sudah tau, tapi belum tau alasannya kenapa dilarang. Thank’s atas infonya🙂
    http://jerukpisang.wordpress.com

  14. Makasih gan atas kunjungannya. Mg2 info ini bermanfaat ya. Sering2 berkunjung gan buat kita berbagi informsi

  15. makasih infonya..bermanfaat

  16. baru tau alasan yang jelas dan pasnya…😀

  17. Wahh..hebat..hebat..
    Hanya dengan air putih saja kita dapat hidup sehat. Apalagi di tambah dengan olahraga ^_^
    Manfaat banget infonya ^_^

  18. o pantas saja orang tua selalu melarang makan dan atau minum sambil berdiri, ternyata ini alasannya🙂

  19. terima kasih atas infonya,terima kasih telah diingatkan.

  20. segala nasihat memang ada manfaatnya yaa,,, dari dulu saya juga bertanya2 tentang ini… terima kasih..🙂

  21. terima kasih sekali informasinya, benar-benar sempurna Agama Islam kita.

  22. Reblogged this on iwakbiroe and commented:
    Nice info.🙂

  23. Tksih infonya..

  24. hebat dan nyata semoga kita dapat mengamalkannya

  25. assalamualaikum…izin copas🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s