Taipei 101; Gedung Tertinggi Pertama di Dunia yang Ramah Lingkungan


Kita semua sudah mengenal nama gedung tertinggi di dunia, yakni Burj Khalifa yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung yang diresmikan pada 4 Januari 2010 lalu, memiliki ketinggian 828 meter. Ia mengalahkan Menara Taipei 101 yang ada di Taiwan. Menara Taipei 101 memiliki ketinggian 506 meter, dan tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia pada 31 Desember 2004. Sebagai gedung tertinggi di dunia, Menara Taipei 101 hanya bertahan sampai 21 Juli 2007. Karena setelah itu, Burj Khalifa mulai dibangun dan akhirnya ketinggiannya melebih Taipei 101.

Namun demikian, walau ketinggian sudah dikalahkan, Taipei 101 masih bisa berbangga hati. Sebab, sampai saat ini, Menara Taipei 101 itu masih tercatat sebagai gedung tertinggi pertama di dunia yang ramah lingkungan (eco-friendly). Itulah yang dilakukan oleh para insinyiur Taiwan untuk mengalahkan gedung pencakar langit lainnya.

Tentu tidak mudah untuk membuat gedung tertinggi yang ramah lingkungan. Dibutuhkan dana yang sangat besar. Awalnya, Menara Taipei 101 sama saja dengan gedung lainnya. Namun, disinilah upaya para insinyiur Taiwan untuk tetap berbangga hati. Mereka meng-upgrade gedung berlantai 101 itu. Dan dana yang dibutuhkan untuk meng-upgrade gedung tersebut mencapai 1,8 juta dolar atau senilai Rp 17 triliun lebih (kurs Rp 9500 per dolar). Dana itu diambil dari hasil efisiensi yang didapatkan dari 20 juta per tahun.

Dan untuk merealisasikan bangunan yang ramah lingkungan tersebut, para insinyiur Taiwan membutuhkan waktu sekitar 18 bulan. Mereka bekerja sama dengan SL + A International Asia Inc, sebuah perusahaan konsultan desain interior, serta Siemens dan EcoTech International Inc. Perbaikan dilakukan pada sistem energi untuk pemanasan, pendinginan dan ventilasi udara, yang kesemuanya ramah lingkungan. Tujuannya pasti, untuk menghindari pemborosan. Berhasil atau tidak, maka itu harus dibuktikan. Dan pengujinya adalah lembaga LEED yang secara khusus memberikan sertifikasi kepada rumah atau bangunan yang diketahui ramah terhadap lingkungan.

Dan hasilnya sangat memuaskan. Karena pengujian dan tes berhasil dengan baik, maka pada 28 Juli 2011 lalu, Ketua Dewan US Green Building Council, Mark MacCracken, menyerahkan sertifikat kepada pengelola Menara Taipei 101, dan menetapkannya sebagai gedung tertinggi pertama di dunia yang ramah lingkungan (the World Tallest Green Building). Menara Taipei 101 meraih LEED Platinum, yakni sertifikasi dan penghargaan tertinggi untuk bangunan yang menerapkan eco-friendly. “Taipei 101 adalah gedung terbesar dan tertinggi yang pertama dalam menerapkan konsep ramah lingkungan,” ujar Mark MacCracken.

“Upaya yang dilakukan kami lakukan dalam menjadi Menara Taipei 101 sebagai gedung ramah lingkungan, bertujuan untuk memberikan perlindungan yang baik bagi lingkungan, sekaligus menerapkan efisiensi bagi seluruh masyarakat. Dan hasilnya juga sangat menguntungkan karena mampu memberikan penghematan kepada pengguna,” ujar Harace Lin, presiden dari Taipei Financial Center Corp, pemilik gedung.  (syafik).

One response to “Taipei 101; Gedung Tertinggi Pertama di Dunia yang Ramah Lingkungan

  1. Ping-balik: Aura ramah Lingkungan Gedung Tertinggi Taipei 101 Taiwan | All In One SEMUA ADA DISINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s