Lima Tempat yang Sepi Suasana Imlek di Cina


Tembok Raksasa Cina

Saat Tahun Baru Imlek, bisa dipastikan di Cina akan sangat ramai. Hampir semua orang di negara yang berjuluk Negeri Tirai Bambu itu merayakannya. Tua-muda, pria-wanita, anak-anak maupun orang dewasa akan tumpah ruah ke jalan dan berdoa di sejumlah tempat ibadah.

Namun demikian, tak semua orang Cina merayakan Imlek. Sebab, bagi sebagian warga Cina, Imlek sama saja dengan hari-hari lainnya. Karenanya, mereka tetap beraktivitas seperti biasa, tanpa repot menghadiri atau merayakan Tahun Baru Imlek.

Seperti dilaporkan laman CNNgo.com, ada lima tempat atau daerah di Cina yang sep saat Hari Raya Imlek. Kelima tempat itu adalah;

Beginilah rutinitas kehidupan Muslim di Xinjiang. (dok cnngo.com)

1. Xinjiang

Daerah ini dikenal sebagai wilayah dengan komunitas Muslim terbesar di Cina. Mereka adalah warga keturunan Cina-Turki, yang lebih dikenal dengan nama Uighur. Karenanya, bisa dipastikan bahwa tak ada kerumunan yang padat di wilayah ini. Perayaan tahun baru yang semarak hanyalah Tahun Baru Hijriyah, yakni 1 Muharam pada setiap tahunnya.

Inilah kegiatan warga di Desa Miao, Guizhou. (dok: cnngo.com)

2. Wilayah Barat Guizhou

Guizhou adalah daerah yang ditempati sejumlah kelompok etnis Miao. Umumnya, mereka tinggal di pedesaan yang penuh bebukitan. Di wilayah Guizhou ini terdapat sejumlah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Karena banyak pemandangan alam yang indah dan eksotis. Salah satunya air terjun.

Menikmati kesunyian di pantai Beihai Guangxi, merupakan salah satu alternatif ketika sebagian besar warga Cina merayakan Imlek. (dok: cnngo.com)

3. Wilayah Selatan Guangxi (Pantai Beihai)

Wilayah ini merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu tempat di Guangxi yang terkenal dengan pantainya adalah Yangshuo, namun belum dikembangkan secara maksimal.

Wilayah ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik di daratan Cina. Di Pantai Beihai ini sering nampak lumba-lumba putih. Kehadiran lumba-lumba itu sangat jarang terjadi. Karenanya, jika lumba-lumba terlihat, mereka yang menyaksikannya seakan menjadi orang yang paling beruntung.

4. Xishuangbanna, Yunnan

Xishuangbanna merupakan daerah otonom di Yunnan selatan dan berbatasan dengan Myanmar. Di wilayah ini,  suasananya sangat hangat (tidak terlalu panas dan tidak dingin), karena terdapat hutan-hutan yang cukup banyak. Saat berada di wilayah ini, Anda juga bisa menyaksikan sejumlah gajah liar. Ketika menyaksikan hal itu, jangan kaget bila Anda terkagum-kagum dan bertanya-tanya: apakah Anda masih di Cina atau di Myanmar, atau Thailand?

Patung Buddha (www.cnngo.com)

5. Gunung Buddha, Sichuan

Disebut dengan nama Gunung Buddha, karena terdapat sebuah batu besar yang diukir dengan wajah mirip Buddha. Warga setempat menyebutnya sebagai tempat peristirahatan Sang Buddha. Walau saat Imlek banyak orang Cina merayakannya, namun di sekitar Gunung Buddha ini seakan tetap pada kehidupan sehari-harinya. (syafik).

2 responses to “Lima Tempat yang Sepi Suasana Imlek di Cina

  1. kyknya bisa jadi tempat2 buat wisata kesana nihh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s