10 Keajaiban Alam di Australia


12 Apostles (www.visitvictoria.com)

Australia merupakan salah satu negara yang cukup eksotis di dunia. Sejumlah tempat menjadi tujuan favorit wisatawan untuk mengunjungi Negeri Kangguru tersebut. Bahkan, dalam daftar nominator untuk New 7 Wonders of Nature (Tujuh Keajaiban Alam), dari 259 nominasi yang diajukan 222 negara, terdapat 13 lokasi yang berasal dari Australia. Kemudian, dalam daftar 28 finalis New 7 Wonders of Nature, dua masuk nominasi, yakni Great Barrier Reef dan Uluru.

Kendati gagal menempatkan wakilnya menjadi salah satu keajaiban dunia kategori alam, setidaknya ada 10 tempat favorit yang menjadi tujuan wisatawan saat berkunjung ke Australia. Dan, seperti dikutip CNN, ke-10 tempat itu tetap layak disebut sebagai keajaiban alam Australia.

Berikut adalah 10 keajaiban alam Australia.

1. Great Barier Reef

Great Barier Reef adalah kumpulan karang terbesar di Australia. Jumlahnya mencapai 400 jenis karang. Panjangnya mencapai 3000 kilometer di dekat pantai Queensland. Diperkirakan ada 1500 spesies ikan yang hidup disana. Kondisinya sangat indah. Konon, keberadaan karang ini sudah ada sejak 25 juta tahun lalu.

www.greatbarrierreff.org

2. Uluru

Uluru adalah sebuah situs suci bagi orang-orang Anangu adat. Penduduk setempat meminta masyarakat untuk tidak mendaki batu monolit 450 kilometer barat daya Alice Springs di Taman Nasional Kata-Tjuta Uluru. Tempat ini memiliki luas sekitar 9,4 kilometer. Keberadaannya menjadi semakin terkenal dengan warna monolit yang berubah-ubah.

www.environment.gov.au

3. Shark Bay

Lokasinya terletak sekitar 800 kilometer di utara Perth, Australia. Pantai Shark memiliki bukit pasir putih sepanjang 1500 kilometer. Di lokasi ini juga terdapat batu kapur dan tebing yang sangat tinggi. Di teluknya terdapat sekumpulan ikan duyung. Di sini juga terdapat ikan lumba-lumba, rumput laut, dan lainnya.

www.sharkbay.org

4. The Pinnacles

Tempat ini konon sudah ada sejak 30 ribu tahun lalu ketika laut surut dan meninggalkan beragam jenis di pantai. The Pinnacles berada di Taman Nasional Nambung, dan merupakan rumah yang nyaman bagi kangguru abu-abu, beragam jenis reptil.

www.discoverwest.com.au

5. Twelve Apostles

 

Ini adalah kumpulan batu kapur, dan terletak di lepas pantai Victoria. Namun, keberadaannya makin menyusut mengingat erosi yang terus terjadi. Saat diberi nama Twelve Apostles (12 batu kapur), sisanya hanya tersisa sembilan buah. Namun, sekarang hanya ada delapan buah.

www.visitvictoria.com

6. Air Terjun MacKenzie

Air terjun ini merupakan yang tertinggidi Taman Grampians, Melbourne. Tempat ini juga menjadi tempat yang nyaman bagi kangguru. Ketinggiannya mencapai 30 meter. Saat-saat tertentu, masyarakat bisa menyaksikan pelangi.

www.visitvictoria.com

7. Pulau Fraser

Pulau Fraser adalah pulau pasir terbesar di dunia. Panjangnya sekitar 123 kilometer dan lebarnya mencapai 22 kilometer. Di sini juga ada hutan hujan dengan ratusan satwa.

www.fraserisland.net

8. Kakadu

Luasnya mencapai 20 ribu kilometer persegi. Di sini terdapat sekitar 1700 spesies tanaman dengan ribuan keanekaragaman hayati lainnya. Kakadu terletak sekitar 171 kilometer di tenggara Darwin.

www.environment.gov.au

9. Blue Mountains

Blue Mountains atau gunung hijau yang terletak di sebelah barat Sydney. Di sebuat demikian karena terdapat phon-pohon karet dan kayu putih yang tumbuh dengan subur.

www.visitnsw.com

10. Bungle Bungles

Kumpulan batu pasir yang diperkirakan terbentuk pada 350 juta tahun lalu. Ketinggiannya mencapai 578 meter. Disini hidup sekelompok mamalia dan hewan satwa yang unik.

www.discoverwest.com.au

7 responses to “10 Keajaiban Alam di Australia

  1. Great Barier Reef ane pengen banget kesana gann..
    katanya bagus pemandangan karang dan lautnya yg cetek

    salam blogwalking Alasan Pelangi Melengkung

  2. Tinggal ngumpulin doku-nya aja nih gan, kalo pengen kesana

  3. wah,jadi pengen ke aussi gw

  4. wah kayak-nya seru nih jadi kepingin tinggal /berlibur disana nih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s