Lima Petinju Tertinggi di Dunia


Siapakah petinju tertinggi di dunia? Bagi remaja yang kini berusia 18 tahun, mungkin mengenal sosok Nikolai Valuev, petinju kelas berat asal Rusia. Ya, dia adalah salah satu petinju profesional yang tertinggi di dunia saat ini. Tingginya mencapai 2,10 meter. Tapi, masih ada petinju yang lebih tinggi dari Nikolai Valuev. Berdasarkan ukuran tinggi, Nikolai Valuev adalah petinju tertinggi kelima saat ini. petinju lainnya yang juga sangat tinggi masih banyak seperti Lance Whitaker, Justin Long, Jim dan John Rankin Cully.

Berikut lima petinju tertinggi yang pernah ada di dunia, menurut laman worldinteresting.com.

1. Gogea Mitu (2,42 meter)

Gogea Mitu bersama pelatihnya (foto: thetallestman)

Gogea Mitu lahir pada 14 Juli 1914 di Mârşani, Rumania. Ia adalah anak pertama dari 11 bersaudara. Ia adalah petinju professional tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 242 centimeter (Wikipedia menyebutkan, tinggi Mitu 223 centimeter), berat badan 183 kilogram dengan ukuran kaki mencapai 38 centimeter. Dengan ukuran demikian, ia tercatat sebagai petinju professional tertinggi di dunia dan masuk dalam buku rekor, Guinness World Records.

Gogea Mitu di dekat mobilnya (foto: wwtalk2.com)

Dalam karier tinjunya, tercatat ia 11 kali bertarung, dengan delapan kali menang KO, dua kali kalah, dan sekali seri. Pertandingan pertamanya adalah melawan petinju Italia, Severio Gizzo. Mitu menang KO di ronde ketiga. Pertandingan kedua melawan juara kelas berat asal Rumania, Pavelescu Dumitru, dan menang KO di ronde pertama. Dua kekalahan dialaminya saat bertarung melawan petinju Italia, mantan juara dunia, Primo Carnera, dan George Godfrey, petinju Amerika Serikat. Kariernya tinju berakhir cepat. Pada 22 Juni 1936, Mitu meninggal dunia dalam usia 21 tahun sesuai pertarungan terakhirnya melawan Bergman asal Prancis dan berakhir draw, karena TBC yang dideritanya.

2. John Rankin (2,24 meter)

John Rankin bersama pelatihnya (foto: http://www.thetallestman.com)

Petinju berjuluk the Big (si Besar) ini memiliki tinggi badan 224 centimeter, tapi laman thetallestman.com menyebutkan tinggi John Rankin adalah 223,5 centimeter, beratnya 295 pounds. Ia lahir di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat pada 1 Januari 1941. Tak diketahui secara pasti berapa kali pertarungan yang pernah dijalaninya. Laman boxrec.com melaporkan, John Rankin hanya sekali bertarung, dan pertarungan ini berhasil dimenangkannya dengan KO.

3. Jim Cully (2,18 meter)

Tower adalah julukan yang diberikan pada Jim Cully (thetallestman).

Jim Cully adalah seorang petinju kelas berat profesional yang berasal dari Tipperary, Irlandia. Ia memiliki tinggi badan 218 centimeter (87 inchi) dengan berat 262 pounds. Ia disebut-sebut sebagai Raksasa dari Irlandia (Irish Giant) karena ukuran badannya yang sangat tinggi. Saat melawan Wally Baden (75 inchi) dan berat 202 pounds, pada Kamis, 13 Mei 1948, ia memenangkan pertarungannya dengan KO pada ronde pertama dari delapan ronde yang direncanakan.

Sayang, selama kariernya, Cully hanya tiga kali bertarung, karena penyakit yang dideritanya. Pada pertarungannya yang kedua dan ketiga, ia gagal memenangkannya.

4. Julius Long (2,16 meter)

Julius Long (kuning) saat melawan Samuel Peter (putih). Foto: http://www.fistthingfirst.com

Julius Long adalah seorang petinju profesional Amerika Serikat. Ia lahir pada 28 Mei 1977 di Detroit, Michigan, AS. Ia memiliki tinggi badan 216 centimeter. Karier tinjunya dimulai pada 17 Januari 2001 melawan Malcolm Obligasi. Pada pertarungan ini, Long menang TKO pada ronde pertama.

Sepanjang kariernya, ia bermain sebanyak 30 kali, dan 15 di antaranya dimenangkannya dengan 13 kemenangan KO, dan 15 kali kalah. Lima kekalahannya diderita dengan KO. Selain tinju, ia juga aktif di K-1 (kickboxing).

5. Nikolai Valuev (2,10 meter)

Nikolai Valuev dalam salah satu pertandingan (foto: turner)

Nikolai Valuev berasal dari Rusia dan lahir pada 21 Agustus 1973. Dia adalah seorang petinju profesional dan mantan juara dunia kelas berat versi WBA. Ia juga pernah bertarung melawan Evander Holyfield. Selama karir tinjunya, ia telah bertarung sebanyak 53 kali, memenangkan 50 pertandingan, dua kali kalah dan sekali seri. Kekalahannya yang pertama saat melawan Ruslan Chagaev dan kedua melawan David Haye pada 07 November 2009.

Nikolai Valuev bersama istrinya Frau Galina di St Petersburg. (www.thetallestman.com)

Karena tinggi tubuhnya dan pukulannya yang keras, Valuev dijuluki sebagai Raksasa dari Rusia (the Russian Giant), serta Si Buas dari Timur (the Beast from the East). Dari 50 kemenangnnya, 34 kali dimenangkannya dengan KO atau TKO. (syafik).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s