Dua Pulau Purba di Samudera Hindia


Pulau purba yang ditemukan di wilayah barat Australia (foto:cosmosmagazine.com)

Dunia ini ini memang penuh misteri. Dulu banyak hal yang tak terekam dalam sejarah, namun kini perlahan-lahan mulai terkuak. Salah satunya adalah ditemukannya dua buah pulau yang berada di Samudera Hindia oleh ilmuwan atau geolog asal Sydney of University, University, dan University of Tasmania. Mereka menemukan kedua pulau tersebut saat sedang memetakan dasar laut Perth Abyssal Plain. Kedua pulau itu berada di sebelah barat Australia. Dan diprediksikan kedua pulau telah berusia jutaan tahun. Karenanya kedua pulau itu disebut dengan pulau purba (sunken islands).

Menurut geolog asal Universitas Sydney, Joanne Whittaker, kedua pulau itu berada pada kedalaman 1,6 kilometer di bawah laut. Di duga, pulau tersebut menjadi daratan penghubung antara wilayah India dan Australia.

“Berdasarkan data yang diambil dari ekspedisi ini bisa secara signifikan mengubah pemahaman kita tentang bagaimana India, Australia, dan Antartika terpisah dari Gondwana,” kata Joanne Whittaker, sebagaimana dikutip dari poleshift.ning.com. Info lengkapnya ada disini: http://poleshift.ning.com/profiles/blog/show?id=3863141%3ABlogPost%3A806112&commentId=3863141%3AComment%3A806443&xg_source=activity

Peta Australia (www.about-australia.com)

Menurut Whittaker, pulau tersebut terbentuk ketika daratan India mulai menjauh dari Australia sekitar 130 juta tahun lalu, yakni pada masa Cretaceus, atau saat dinosaurus masih menguasai Bumi. Whittaker mengungkapkan, kedua pulau itu disebut mikrokontinen.

Ia menambahkan, berukuran cukup besar, atau hampir setara dengan Virginia Barat di Amerika Serikat, atau negara Skotlandia. Sebagai gambaran, Virginia Barat memiliki luas wilayah sekitar 62,775 kilometer persegi (km²), dan Skotlandia memiliki luas total sekitar 78,772 kilometer persegi (km²). Atau sekitar sepersepuluh luas DKI Jakarta yang berukuran 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²). Atau sekitar 5,5 kali luas Kepulauan Seribu (11,8 km²). (sya-fik)

One response to “Dua Pulau Purba di Samudera Hindia

  1. .wonderfull…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s