10 Jembatan Terpanjang di Dunia


Jembatan adalah keajaiban teknik dan merupakan struktur yang indah dan menakjubkan, dibuat untuk menghubungkan tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh transportasi darat ataupun daerah yang terisolasi. Berkat kemajuan teknologi, wilayah yang dipisahkan dengan lautan sejauh ratusan kilometer pun bisa disatukan dengan jembatan. Inilah 10 jembatan terpanjang di dunia yang sangat menakjubkan untuk dilihat.
10. Runyang Bridge

Runyang Bridge adalah kompleks jembatan besar yang melintasi Sungai Yangtze di Provinsi Jiangsu, Cina, hilir Nanjing. Komplek ini terdiri dari dua jembatan utama yang memiliki pranala Zhenjiang di tepi selatan sungai dan Yangzhou di utara. Jembatan ini merupakan bagian dari Expressway Beijing-Shanghai. South bridge adalah jembatan suspensi dengan rentang utama 1.490 meter (4.888 kaki). Setelah selesai di tahun 2005 menjadi paling lama suspensi jembatan bentang keempat di dunia dan terbesar di Cina.

9. Hangzhou Bay Bridge


Hangzhou Bay Bridge adalah jembatan jalan raya panjang dengan bagian kabel-tinggal di Hangzhou Bay di wilayah pesisir timur Cina. Ini menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di provinsi Zhejiang. Pada 35,673 km (22 mil) panjangnya, Hangzhou Bay Bridge adalah salah satu trans-samudera jembatan terpanjang di dunia. Pembangunan jembatan itu selesai pada tanggal 14 Juni 2007, dan upacara pembukaan diadakan pada tanggal 26 Juni 2007 sampai dengan liputan media yang menghebohkan negeri. Jembatan itu tidak dibuka untuk publik sampai dengan 1 Mei 2008, setelah jangka waktu yang cukup pengujian dan evaluasi. Jembatan memperpendek jarak perjalanan antara jalan raya Ningbo dan Shanghai dari 400 km (249 mil) untuk 280 km (174 mil) dan waktu tempuh berkurang 4-2,5 jam.

8. Manchac Swamp Bridge


Manchac Swamp Bridge adalah jembatan beton trestle kembar di negara bagian AS Louisiana. Dengan panjang total 22,80 mil (36,69 km) itu adalah salah satu jembatan terpanjang di dunia di atas air. Jembatan membawa Interstate 55 di atas Swamp Manchac di Louisiana, dan mewakili sepertiga dari jalan raya itu sekitar 66 mil di Louisiana. Membuka tahun 1979, tumpukan yang diusir 250 kaki (76 m) di bawah rawa dan dengan biaya rentang menjadi $ 7 juta per mil untuk menyelesaikannya.

7. Lake Pontchartrain Causeway


Lake Pontchartrain Causeway, atau Causeway, terdiri dari dua jembatan paralel melintasi Danau Pontchartrain di bagian selatan Louisiana, Amerika Serikat. Semakin lama dari dua jembatan adalah 23,83 mil (38,35 km) panjang.

6. Jiaozhou Bay Bridge


Jiaozhou Bay Bridge adalah jembatan jalan raya di China timur Provinsi Shandong. Ini adalah 42,5 kilometer (26,4 mil) panjang, sehingga menurut Guinness World Records jembatan terpanjang di dunia di atas air (panjang agregat) pada Juli 2011. Jembatan terpanjang di atas air “panjang terus menerus” adalah Lake Pontchartrain Causeway, perbedaan adalah yang terakhir berjalan air terus menerus sementara Jiaozhou Bay Bridge memiliki bagian atas tanah. Diperkirakan Jiaozhou Bay Bridge adalah di atas air untuk 25,5 kilometer (15,8 mil).

5. Beijing Grand Bridge


Beijing Grand Bridge adalah 48,153 kilometer (29,921 mil) jembatan kereta api cepat (Beijing–Shanghai High-Speed Railway), yang terletak di Beijing. Selesai dibangun pada tahun 2010 dan dibuka pada 2011. Ini adalah salah satu jembatan terpanjang di dunia.

4. Bang Na Expressway


Bang Na Expressway atau dikenal dengan Burapha Withi Expressway, adalah jalan raya enam jalur sepanjang 54 km di Bangkok, Thailand. Ini adalah jalan tol dan berjalan di atas National Highway route 34, (Bang Na–Bang Pakong Highway) yang dimiliki oleh Expressway Authority of Thailand (EXAT).

3. Weinan Weihe Grand Bridge


Weinan Weihe Grand Bridge adalah jembatan yang terletak di kota utara Weinan. Jembatan ini merupakan bagian dari Zhengzhou–Xi’an High-Speed Railway yang menghubungkan Zhengzhou dan Xian, di China. Panjang jembatan adalah 79.732 m (261.588 kaki / 49,5 Miles) menyeberangi Sungai Wei dua kali, serta sungai lain, jalan raya dan kereta api. Setelah selesai , ini merupakan jembatan terpanjang di dunia, tetapi dikalahkan oleh dua jembatan baru di Beijing–Shanghai High-Speed Railway yang selesai pada tahun 2010. Jembatan ini selesai pada 2008 namun jalur kereta api itu sendiri tidak dibuka sampai 6 Februari 2010.

2. Tianjin Grand Bridge


Tianjin Grand Bridge adalah jembatan kereta ap,i jembatan yang membentang antara Langfang dan Qingxian, bagian dari Beijing–Shanghai High-Speed Railway. Ini adalah salah satu jembatan terpanjang di dunia dengan panjang total sekitar 113.700 m (373.000 kaki), atau 113,7 kilometer (70,6 mil). Selesai dibangun pada tahun 2010 dan dibuka pada 2011. Seperti tahun 2011 Guinness World Records mencatatnya sebagai jembatan terpanjang kedua di dunia.

1. Danyang-Kunshan Grand Bridge


Danyang-Kunshan Grand Bridge adalah Jembatan Terpanjang di Dunia. Hal ini terletak di Qingdao City, Cina Timur Provinsi Shandong. Jembatan ini memiliki panjang 164.800 meter (102,4 mil) dan rentang 260 meter. Ini termasuk 9 kilometer (5,6 mil) panjang bagian atas air yang melintasi Danau Yangcheng di Suzhou. Selesai dibangun pada tahun 2010 dan dibuka pada 2011. Mempekerjakan 10.000 orang, konstruksi membutuhkan waktu empat tahun dan biaya sekitar $8.5 miliar. Danyang-Kunshan Grand Bridge saat ini memegang Guinness World Record untuk jembatan terpanjang di dunia dalam kategori apapun pada Juni 2011.
About these ads

9 responses to “10 Jembatan Terpanjang di Dunia

  1. konstruksi jembatan di dunia makin di luar nalar…..
    wonderful…..>>

  2. izin copas yee , buat tugas xP

  3. kapan ya aku bisa kesitu…

  4. banyak nya di china tempat hangkyung oppa,,, hihihi

  5. ada ngga ya pas di tengah jembatan danyan-kunshan tiba2 bensin abis trz nuntun 100 ribu meter lebih, wkwkwk…

  6. Ping-balik: Jembatan Terpanjang di Dunia « Asma Halwiah Hasan

  7. Wow china is super power

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s