Laut Paling Asin di Dunia


Kita tentu sudah mengetahui, bahwa air laut sangat asin. Tapi tahukah Anda, laut atau danau apakah yang paling asin di dunia ini? Laut Mati (dead sea) atau Bahirah Luth? Salah. Laut Mati bukanlah laut atau danau terasin. Masih ada yang lebih asin. Kandungan air garam di Laut Mati ini memang tinggi, tapi hanya menempati urutan kedua terasin. Nah, laut atau danau apakah itu?

Jawabannya adalah Danau Assal (lake assal, bahirah ‘asal). Danau Assal terletak di Djibouti. Tepatnya di ujung barat Teluk Tadjoura, atau sekitar 120 kilometer (km) dari barat Ibu Kota Djibouti. Ya, Danau Assal ini merupakan danau terasin di dunia. Tingkat keasinannya mencapai 34,8 hingga 40 persen pada kedalaman 66 kaki. Sedangkan Laut Mati keasinannya antara 30 sampai 33,7 persen pada kedalaman 160 kaki.  Keasinan Danau Assal baru bisa dibandingkan dengan air laut biasa antara 10-hingga 12 kali. Keasinan Laut Mati antara 8,6 kali air laut biasa.

Foto Danau Assal (Wikimedia)Danau Assal ini menjadi harta karun nasional bagi Djibouti. Disebut harta karun, karena cadangan garamnya juga sangat besar. Hampir 80 persen cadangannya dikelola oleh Société d’Exploitation du Lac and Société d’Exploitation du Salt Investment S.A de Djibouti.

Selain paling asin, Danau Assal ini juga termasuk salah satu titik daerah terendah di dunia. Yang pertama daerah terendah di dunia adalah Laut Mati. Kemudian diikuti Laut Galilea, dan Danau Assal ini.

Danau Assal (like.com)

Danau Assal (like.com)

Danau Assal ini berbentuk oval dengan panjang sekitar 19 kilometer (12 mil) dan memiliki lebar hingga 6,5 kilometer (4,0 mil). Pada kedalaman 60 meter (200 kaki), sudah dapat ditemukan tumpukan garam yang sangat melimpah. Totalnya bisa mencapai 300 juta ton.

Danau Assal (dok.bosasopress.com)

Danau Assal (dok.bosasopress.com)

Karena sangat asin, sudah tentu tidak ada satu pun makhluk hidup yang bisa hidup di Danau Assal ini. Karenanya, orang yang tidak bisa berenang sekalipun, tak akan tenggelam bila berada di danau Assal dan Laut Mati. Seseorang bisa mengambang. (sya-fik)

About these ads

2 responses to “Laut Paling Asin di Dunia

  1. wah aku betul baru tahu nech dikira teh yang paling tinggi kadar garam ya laut mati

  2. sumber daya garam, stoknya berlimpah :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s